top of page
  • Writer's pictureCyrilia Reneldy K.

Teman Berjuang - Review Buku

"Mereka yang tidak percaya dengan kemampuanmu, tidak masalah. Tapi, yang jadi masalah adalah jika kamu tidak percaya dengan kemampuan sendiri."

Judul Buku : Teman Berjuang


Penulis : Indra Sugiarto


Penerbit : Loveable


Tebal :183 Halaman


ISBN : 978-602-5406-87-4


Tahun Terbit : 2019


Jenis Buku : Self Improvement




Buku "Teman Berjuang" ditulis oleh Indra Sugiarto, seorang CEO sekaligus founder dari PT Inspirasi Masuk Kampus. Buku ini cocok menemani kita yang sedang berjuang. Baik yang sedang memperjuangkan impian, berjuang di dunia sekolah, maupun berjuang membangun karir. Beliau percaya kita semua dapat menjadi apapun yang kita impikan, selagi kita mau berjuang dengan gigih, dan pantang menyerah.


Setiap kalimat dalam buku ini bertujuan memberikan memotivasi dan semangat pada teman-teman yang sedang berjuang, sesulit apapun kondisi yang dihadapi. Buku ini tidak tebal, namun juga tidak terlalu tipis - kurang lebih 183 halaman. Kalau tidak salah ada dua jenis cover yang beredar, yang berwarna hitam dan putih. Kebetulan buku yang saya punya covernya berwarna hitam. Tiap halaman dalam buku ini merupakan gradasi warna dari hitam (fase pertama) hingga putih untuk fase paling akhir. Secara garis besar buku ini sangat mudah dibaca dan penampilannya cukup menarik. Buku ini terdiri dari beberapa bagian yaitu,

  1. Fase Luka dan Kegagalan

  2. Fase Sakit karena Kehilangan

  3. Fase Kecewa dan Penyesalan

  4. Fase Perencanaan dan Keberanian

  5. Fase Merantau dan Perjalanan

  6. Fase Lingkungan dan Persahabatan

  7. Fase Doa dan Harapan

  8. Fase Kegigihan dan Perjuangan

  9. Fase Kedamaian dan Kesuksesan

Setiap bagian atau "fase" menyajikan sejumlah puisi dan kalimat-kalimat yang memotivasi. Masalah-masalah yang digambarkan sangat relate dengan kehidupan kita, tentunya dalam berjuang kita akan melewati berbagai momen seperti kegagalan, kekecewaan, jenuh, lelah, dan kesuksesan yang membahagiakan, bukan? Nah, buku ini tentunya akan sangat cocok dibaca menemani fase yang sedang kita perjuangkan dalam hidup.


Beberapa kalimat dalam buku ini cukup menampar, terutama bagi kita yang punya mimpi yang besar namun enggan berusaha. Dengan kalimat-kalimat yang puitis, buku ini memberikan kesadaran bahwa kesulitan dan tantangan akan selalu dihadapi setiap orang menuju sukses, dan ini merupakan suatu hal yang tidak dapat kita hindari. Sebaliknya, kita harus berusaha lebih keras, karena tantangan dan masalah dalam hiduplah yang membuat diri kita berkembang. Untuk kita semua yang sedang berjuang, buku ini dapat menjadi "teman berjuang" kita.


"Anak muda, jangan menyerah! Ini bukan sekadar masalah hasil, akan lebih berbahaya jika sudah jadi kebiasaan. Kebiasaan payah."

- Indra Sugiarto

 

Terima kasih sudah membaca!

Jika ada buku lain yang ingin direview, silahkan berikan komentar.

49 views

2 Comments


xSef
xSef
May 30, 2021

Review "Mantappu Jiwa" dong kak 😁

Like
Cyrilia Reneldy K.
Cyrilia Reneldy K.
Jun 01, 2021
Replying to

Ditunggu ya! :)

Like
bottom of page