top of page
  • Writer's pictureCyrilia Reneldy K.

Cara Mudah Download Jurnal Internasional secara Gratis


Bagi teman-teman yang membutuhkan jurnal terakreditasi untuk riset atau penelitian, berikut ini adalah beberapa situs yang dapat digunakan untuk mencari dan mendownload jurnal internasional secara gratis.




Sci-Hub adalah situs web perpustakaan bayangan yang menyediakan akses gratis ke jutaan makalah penelitian dan buku, tanpa memperhatikan hak cipta. Karena sifatnya yang ilegal, situs ini diblokir di beberapa negara. Sci-Hub didirikan oleh Alexandra Elbakyan pada 2011 di Kazakhstan sebagai tanggapan atas tingginya biaya makalah penelitian di balik paywalls. Situs ini banyak digunakan di seluruh dunia.


Sci-Hub dan Elbakyan digugat dua kali karena pelanggaran hak cipta di Amerika Serikat pada tahun 2015 dan 2017, dan kalah dalam kedua kasus tersebut sehingga menyebabkan kehilangan beberapa nama domain Internetnya. Situs ini telah mengubah nama domain yang berbeda-beda sejak saat itu.


Cara Menggunakan Sci-Hub :

  1. Pergi ke link https://sci-hub.se/

  2. Copy nomor DOI artikel , URL, atau judul artikel secara lengkap masukan pada kolom pencarian.

  3. Tekan tombol open.

  4. Saat artikel sudah dibuka, Anda bisa langsung mendownload artikel tersebut.


Note : Anda bisa langsung meng-copy sitasi artikel tersebut yang ditampilkan di bagian kanan.



Dirilis dalam versi beta pada November 2004, Google Scholar mencakup sebagian besar jurnal dan buku akademik online peer-review, makalah konferensi, tesis dan disertasi, pracetak, abstrak, laporan teknis, dan literatur ilmiah lainnya. Diperkirakan Google Scholar berisi sekitar 389 juta dokumen termasuk artikel, kutipan, dan paten menjadikannya mesin pencari akademik terbesar di dunia pada Januari 2018.


Cara menggunakan Google Scholar :

  1. Pergi ke alamat https://scholar.google.com/ atau langsung ketikan Google Scholar pada search bar Google.

  2. Masukan kata kunci jurnal atau artikel yang diinginkan

  3. Tekan tombol Search

  4. Artikel yang bertuliskan [PDF] seperti contoh dibawah ini akan dengan mudah didownload.


Google Scholar sempat dikritik karena tidak memeriksa jurnal dan memasukkan jurnal predator dalam indeksnya.


*Note : Jurnal Predator (Predatory Journal) memanfaatkan penulis dengan meminta mereka menerbitkan dengan biaya tertentu tanpa menyediakan layanan peer-review atau penyuntingan. Dengan kata lain, penerbit predator tidak mengikuti standar akademik yang tepat untuk penerbitan.



Library Genesis adalah situs web perpustakaan bayangan berbasis file-sharing untuk artikel jurnal ilmiah, buku akademik dan buku-buku yang umumnya diminati, gambar, komik, buku audio, dan majalah. Situs ini memungkinkan akses gratis ke konten yang tidak berbayar atau tidak didigitalkan di tempat lain.

Beberapa penerbit seperti Elsevier menuduh Library Genesis menyediakan akses bajakan ke artikel dan buku. Hingga akhir tahun 2014, Sci-Hub, yang menyediakan akses gratis ke jutaan makalah dan buku penelitian, mengandalkan LibGen sebagai penyimpanan. Makalah yang diminta oleh pengguna diminta dari LibGen dan disajikan dari sana jika tersedia, jika tidak, mereka diambil dengan cara lain dan kemudian disimpan di LibGen.


Cara menggunakan Library Genesis :

  1. Pergi ke link https://libgen.is/

  2. Klik pilihan “Scientific articles”

  3. Masukan kata kunci atau judul artikel

  4. Tekan tombol Search!

  5. Klik salah satu Mirrors yang tersedia untuk mendownload artikel yang diinginkan




CORE (Connecting REpositories) adalah layanan yang disediakan oleh Knowledge Media Institute, yang berbasis di The Open University, Inggris. CORE bekerja sama dengan perpustakaan digital dan repositori institusional. Versi pertama CORE dibuat pada tahun 2011 oleh Petr Knoth dengan tujuan untuk mempermudah dalam jumlah yang sangat besar dari publikasi penelitian. CORE menyediakan akses lebih dari 125 juta hasil penelitian yang bersifat open acces. Semua output dapat diakses dan diunduh secara gratis dan memiliki batasan penggunaan ulang yang terbatas.


Cara menggunakan CORE :

  1. Pergi ke alamat link https://core.ac.uk/

  2. Masukan kata kunci atau judul artikel

  3. Tekan tombol search

  4. Tekan tombol “Get PDF” untuk mendownload artikel yang diminati.




ScienceOpen adalah platform di mana para ilmuwan dapat meneliti literatur yang diterbitkan oleh berbagai penerbit. Fitur seperti referensi tertaut dan statistik tentang kutipan online, skor Altmetric™, nomor pengguna, peringkat pengguna, dan berbagi memberikan informasi kontekstual kepada komunitas ilmiah. Pengguna juga dapat mengomentari artikel, atau menambahkan rekomendasi dan ulasan pasca-publikasi.


Cara menggunakan ScienceOpen :

  1. Pergi ke alamat https://www.scienceopen.com/

  2. Masukan kata kunci artikel yang ingin dicari

  3. Cari artikel dengan simbol open access (seperti pada contoh di bawah)

  4. Setelah judul artikel diklik, akan ada tombol Download di bagian kanan bawah judul artikel


 

Hal yang perlu diperhatikan :

Beberapa situs diatas seperti Sci-Hub dan Library Genesis adalah situs ilegal di banyak negara di seluruh dunia. Untuk melindungi diri Anda sendiri, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan layanan VPN (virtual private network) sebelum mengakses situs tersebut.



 

Terima kasih sudah membaca! Jangan lupa like dan share jika artikel ini bermanfaat. Apabila punya saran topik lain yang ingin dibahas, silahkan bagikan pendapat di kolom komentar! :)

83 views

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page